Indonesia Fashion News | Berita Seputar Fashion dan Fotografi

Sulit Kah Panning Photography?

Sulit Kah Panning Photography?

INDOFASHIONNEWS.COM - Belakangan ini bermunculan berbagai macam teknik maupun jenis photography di kalangan masyarakat. Mereka menyebut nya sebuah "Genre". Genre merupakan sebuah aliran / profesi dibidang tertentu yang di geluti oleh seorang photographer.

Panning Photography contohnya merupakan salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan pada benda yang bergerak. aliran yang digeluti oleh seorang photography tersebut diperlukan keahlian dan kesabaran dalam mengcapture hasil karyawan tersebut sehingga menghasilkan hasil karya yang menarik.

Source Instagram : @Jakarta.ESCAPE

Sebelum melakukan foto teknik panning hal yang wajib diperhatikan adalah lokasi pengambilan gambar, pergerakan benda yang akan difoto / aktifitas yang akan di foto, serta tata cara pengambilan gambar.

Berikut tata cara melakukan teknik panning photography:

Siapkan Camera & mode dalam pengambilan foto
Untuk melakukan foto dengan teknik Panning gunakan mode M / TV / S pada menu DSLR Anda. Dengan kita menggunakan mode otomatis (TV / S) kita tidak harus repot-repot memikirkan Aperture berapa yang kita gunakan, karena kamera yang akan memproses secara otomatis.

  • Set Mode TV / S Pada kamera.
    Gunakan Iso serendah mungkin ketika di siang hari agar mendapatkan hasil yang maksimal
  • Gunakan Speed pada range 100 - 120/detik Shutter Speed
    Speed tersebut menentukan hasil gambar panning yang akan dihasilkan. Semakin tinggi speed tersebut gambar yang akan dihasilkan semakin membeku atau disebut "Freeze" semakin rendah speed tersebut rendah maka gambar yang akan didapat semakin blur.
    Semua kembali lagi kepada selera masing-masing photographer
  • Tentukan Focus pada benda / kendaraan / orang yang akan dilakukan photo panning
    Setelah menentukan titik fokus tersebut, tekan 1/2 tombol shutter kamera teman-teman serta ikutilah gerakan dari kendaran / benda tersebut dari kanan ke kiri / dari kiri ke kanan sesuai pergerakan dari kendaraan / benda tersebut lalu tekan shutter camera teman-teman untuk mendapat kan moment foto tersebut.

    Teknik panning dapat dilakukan secara berulang-ulang dikarenakan teknik tersebut diperlukan stabilitasan dalam pengambilan gambar, sehingga gambar yang dihasilkan mendapatkan hasil yang maksimal
  • Latihan berulang - ulang untuk mendapat hasil yang di inginkan
    Tips terakhir yang paling penting ialah latihan secara terus menerut sehingga mendapatkan foto yang diinginkan teman-teman.